ARTIKEL : Pengmbangan Jot Spot Berbantu Visual Note Taking untuk Meningkatkan Reading Skill Mahasiswa dalam Memahami Artikel Ilmiah

Ekorini, Puput Zuli and Aziz, Achmad Tantowi (2019) ARTIKEL : Pengmbangan Jot Spot Berbantu Visual Note Taking untuk Meningkatkan Reading Skill Mahasiswa dalam Memahami Artikel Ilmiah. Jurnal Dharma Pendidika, 14 (2). pp. 69-83.

[img] Text (ARTIKEL)
8.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk pengembangan jot spot berbantu visual note taking sebagai metode membaca artikel jurnal ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat kelayakan jot spot berbantu visual note taking sebagai metode membaca artikel jurnal ilmiah pada mahasiswa. Dalam penelitian pengembangan ini, peneliti mencoba mengembangkan jot spot berbantu visual note-taking dengan menggunakan metode penelitian Research and Development (R n D). Ada sepuluh langkah yang dilakukan dalam penelitian RnD ini berdasarkan pada teori Borg dan Gall (1989: 783- 795) tetapi dalam penelitian ini hanya dilakuan sampai lagkah ke – 7, yaitu; (1) Studi pendahuluan, (2) Merencanakan Penelitian, (3) Pengembangan Desain , (4) Validasi dan uji kelas kecil, (5) Revisi hasil uji kelas kecil, (6) Uji kelas besar, (7) Penyempurnaan produk. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan satu variabel yaitu kualitas jot spot berbantu visual note-taking sebagai metode pembelajaran reading skill pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester VIII dalam memahami artiel ilmiah yang diturunkan dari kisi-kisi penilaian. Hasil uji kelayakan metode Jotp Spot berbantu Visual Note-Taking diaggap layak digunakan di dalam proses membaca dan memahami artike jurnal ilmiah. Dari perhitungan yang dilakukan didapatkan bahwa t-hitung adalah 4.72 dengan nilai t-tabel adalah 2.086. Dari hasil perhitunga tersebut t-hitung > t-tabel yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Jot Spot berbantu Visual Note-Taking ini efektif untuk mambantu mahasiswa dalam memahami artikel jurnal ilmiah yang mereka baca.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Reading Skill, Jot Spot, Visual Note-Taking, R & D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:21
Last Modified: 13 Apr 2023 07:21
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item