Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX Tahun Pelajaran 2019/2020

HALIMAH, SITI NUR (2020) Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.

[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendiskripsikan proses hasil belajar pada materi bangun ruang sisi lengkung dengan pendekatan scientific di kelas IX, 2. Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran pendekatan scientific. Mendiskripsikan pemahaman konsep hasil belajar pada materi bangun ruang sisi lengkung. Pendekatan scientific merupakan pendekatan dimana siswa diajak proses pencarian pengetahuan, menemukan sendiri berbagai fakta, mengkontruksi pengetahuan, membangun konsep, dan nilai-nilai baru yang dibutuhkan dalam kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific pada materi bangun ruang sisi lengkung dikategorikan baik dengan persentase rata – rata sebanyak 18 siswa yaitu 64,26 % dan 14 siswa yaitu 35,98 %. Perolehan nilai tes akhir pembelajaran I ini belum memenuhi indikator penelitian ini yaitu 60% siswa harus mendapatkan nilai persentase yang lebih dari rata – rata nilai tes keseluruhan atau KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan scientific mencapai kategori kurang baik dari pembelajaran I dan diharapkan pada pembelajaran II siswa mendapatkan hasil nilai persentase lebih meningkat dari pembelajaran I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 06 Apr 2021 11:01
Last Modified: 06 Apr 2021 11:01
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item