Rahayu, Anita Buddi (2021) ARTIKEL : Analisis Presrektif Guru terhadap Kebutuhan materi Reading Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Otomotif untuk Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 4 (1). pp. 195-202.
Text (ARTIKEL)
1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan materi reading siswa kelas XIISekolah Menengah K ejuruan (SMK) teknik otomotif untuk menghadapi Ujian Nasional berdasarkan perspektif guru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh evaluasi pengembangan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK) teknik otomotif dan penentuan kebutuhan penguatan materi reading untuk menghadapi Ujian Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif analisis kebutuhan. Untuk memperoleh data peneliti memberikan kuisioner dan melakukan wawancara dengan 4 orang guru kelas XII SMK Teknik Otomotif dari forum Kerja Kelompok Guru (KKG) Bahasa Inggris SMK. Selanjutnya hasil dari kuisioner dan wawancara tersebut digunakan sebagai data utama dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa menurut prespektif guru siswa membutuhkan penguasaan reading dalam pemahaman tata bahasa, fungsi, gagasan utama, dan makna teks untuk menghadapi Ujian Nasional. Selanjutnya temuan ditindaklanjuti oleh guru dengan menerapkan beberapa strategi pembelajaran reading di kelas seperti dengan menafsirkan, menebak, & menganalisis teks secara gramatikal dengan gaya bacaan yang bervariasi, untuk memperoleh pemahaman tentang makna teks tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | eeds Analysis; reading; National Examination; Teachers’ Perspective |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 07:59 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 07:59 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
View Item |