ARTIKEL: THE EFFECTIVENESS OF MINIMAL PAIRS TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ ACCURACY IN PRONUNCIATION SKILLS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT SMPN 1 LENGKONG IN THE ACADEMIC YEAR 2020/2021

Sujono, 0721117201 (2021) ARTIKEL: THE EFFECTIVENESS OF MINIMAL PAIRS TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ ACCURACY IN PRONUNCIATION SKILLS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT SMPN 1 LENGKONG IN THE ACADEMIC YEAR 2020/2021. Jurnal Dharma Pendidikan, STKIP PGRI Nganjuk, 16 (2). pp. 1-14.

[img] Text (ARTIKEL)
4.pdf

Download (773kB)
Official URL: https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/a...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pencapaian ketepatan siswa dalam keterampilan pengucapan sebelum menggunakan Minimal Pair sebagai teknik dalam proses belajar mengajar. (2) Untuk mengetahui pencapaian ketepatan siswa dalam keterampilan pengucapan setelah menggunakan Minimal Pair sebagai teknik dalam proses belajar mengajar. (3) Untuk mengetahui keefektifan yang signifikan sebelum dan sesudah diajar menggunakan teknik Minimal Pair untuk meningkatkan ketepatan keterampilan pengucapan siswa dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Lengkong tahun pelajaran 2020/2021. Metodologi penelitian ini adalah QuasiExperimental Design dengan The one group pre-test and post-test. Penelitian ini sudah dilaksanakan di SMPN 1 Lengkong tahun akademik 2020/2021 dengan populasi seluruh siswa kelas satu berjumlah 227 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VII-1 yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, analisis statistik inferensial menggunakan uji t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil tes, siswa menunjukkan nilai rata – rata pretes 41, 25 dan post-tes 70,156. Berdasarkan hasil ttes, ttabel untuk db 5% adalah 1,696 dan nilai thitung adalah 20,424. Sehingga, thitung > ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.Selain itu, tes N-Gain menunjukkan rata-rata gain score pada kelas ini termasuk dalam kategori tinggi dengan hasil sebesar 1,115. Sehingga “Terdapat Keefektifan Yang Signifikan Sebelum dan Setelah Diajar Menggunakan Teknik Minimal Pair Terhadap Ketepatan Pelafalan Siswa Pada Siswa SMPN 1 Lengkong Tahun Ajaran 2020/2021.”

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Minimal Pair, Keakuratan, Kemampuan Pelafalan Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 16 Apr 2023 07:55
Last Modified: 16 Apr 2023 07:55
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item