ARTIKEL : Pengembangan Bahan Ajar Esp-Reading Comprehension Berbasis Audio Video Untuk Siswa Sekolah Menegah Kejuruan Teknik Otomotif

Rahayu, Anita Buddi and Widiansyah, Arindra Trisna (2019) ARTIKEL : Pengembangan Bahan Ajar Esp-Reading Comprehension Berbasis Audio Video Untuk Siswa Sekolah Menegah Kejuruan Teknik Otomotif. Jurnal Dharma Pendidikan, 14 (2). pp. 12-16.

[img] Text (ARTIKEL)
7.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/a...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Reading dengan memvisualisasikan materi reading ESP ke dalam sebuah sebuah tayangan audio video reading untuk siswa Sekolah menegah kejuruan teknik Otomotif. Desain penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R & D) yang diusulkan oleh Borg dan Gall yaitu; (1) Pengumpulan data (2) perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi Ahli (5) Uji Coba Produk (6) Evaluasi hasil uji coba (7) Revisi Produk (8) Uji Lapangan (9) Penyempurnaan Produk Akhir. Penelitian ini dilakukan di SMK NU Pace, subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dari program keahlian teknik otomotif dan siswa kelas XI program keahlian teknik otomotif SMK NU Pace terdiri dari 30 siswa. Data tahap eksplorasi diperoleh melalui melakukan analisis dokumen, melakukan wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas materi reading dari buku pelajaran bahasa Inggris yang digunakan di SMK NU Pace. Temuan menunjukkan materi reading dari buku pelajaran di SMK NU Pace berisi materi bahasa Inggris umum dan kurang spesifik untuk digunakan bagi siswa program keahlian teknik otomotif. Peneliti menyimpulkan bahwa harus ada materi pembelajaran ESP-Reading yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Materi pembelajaran ESP-Reading dikembangkan dengan mempertimbangkan beberapa aspek yaitu teori ESP dan kebutuhan siswa. Kemudian, dievaluasi dan ditinjau melalui penilaian ahli dan diimplementasikan di kelas untuk menguji kelayakan materi. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar ESP-reading berbasis audio video dapat meningkatkan reading comprehension siswa kelas XI SMK NU Pace. Selanjutnya, produk ini dapat diterapkan sebagai bahan ajar untuk siswa program keahlian teknik otomotif.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: ESP-Reading Comprehension; AudioVideo; Teknik Otomotif; Research & Develo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 17 Apr 2023 08:54
Last Modified: 17 Apr 2023 08:54
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item