Nugroho, Purwo Adi (2019) ARTIKEL: PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGETOS TAHUN AJARAN 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Hayati,, 7 (1). pp. 164-172.
Text (ARTIKEL)
9. Prosiding Semnas (Alif, Dian, Purwo).pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruktion, Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning, Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan menggunakan model Problem Based Learning dengan yang menggunakan model Direct Instruction terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII mulai kelas VII-A sampai kelas VII-F, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sejumlah 32 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol sejumlah 24 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan test. Teknik analisis data dengan t-test. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol memperoleh nilai 37,50 dan nilai rata-rata post-test memperoleh nilai 61,45 dan nilai rata-rata pre-test 47,03 dan posttest 76,56 untuk kelas eksperimen. Perhitungan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.0 pada uji paired t-test diperoleh hasil yaitu t hitung sebesar -4,638 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran problem based learning dan menggunakan model pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 07:16 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 07:16 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/898 |
Actions (login required)
View Item |