ARTIKEL: Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA Selama Pandemi Covid-19

Nugroho, Purwo Adi (2020) ARTIKEL: Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Online (Webinas),. pp. 142-153.

[img] Text (ARTIKEL)
10. Prosiding Semnas (Purwo, Yulia, Kaesta).pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/...

Abstract

Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan dengan tatap muka tetapi juga dapat dilakukan dengan cara virtual class atau pembelajaran yang dilakukan secara daring. Dalam penerapan pembelajaran IPA dilakukan menggunakan google classroom selama pandemic Covid-19. Biologi molekuler dan metabolisme merupakan mata pelajaran IPA konsentrasi biologi yang cocok untuk penerapan model pembelajaran virtual class. Penelitian bertujuan untuk melihat keaktifan dan hasil belajar mahasiswa semester VI pada mata kuliah biologi molekuler dan metabolisme selama penerapan SfH (Study from Home) akibat pandemik Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Keaktifan ditinjau dari absensi yang diisi mahahasiswa melalui google form yang terdapat pada google classroom dengan absensi yang akan diakhirinya saat proses pembelajaran selesai. Hasil belajar diambil dari hasil pekerjaan mahasiswa sebagai pendalaman materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Penentuan Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan google form. Teknik pengumpulan data berupa absensi keaktifan dan tugas mahasiswa. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber data dalam bentuk wawancara, arsip, dokumen tertulis, gambar atau foto. Teknik analisis data menggunakan cara: 1) mengelompokkan data dari keaktifan dan hasil belajar, 2) menyajikan data dalam bentuk teks naratif, tabel, maupun gambar, dan 3) menyimpulkan dari seluruh kegiatan. Sehingga didapatkan rata-rata prosentase keaktifan mahasiswa sebesar 80% dari enam kali pertemuan dan rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 80,6% dari tiga kali pelaksanaan tugas.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:33
Last Modified: 18 Apr 2023 07:33
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item