ARTIKEL: MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)PADA MATA KULIAH ANALISA VEKTOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Yekti, Sherly Mayfana Panglipur (2018) ARTIKEL: MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)PADA MATA KULIAH ANALISA VEKTOR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Jurnal Dharma Pendidikan, 13 (2). pp. 1-12.

[img] Text (ARTIKEL)
4A. [ARTIKEL] Modul PBL matkul analisa vektor.pdf

Download (457kB)
Official URL: https://journal.stkipnganjuk.ac.id/index.php/jdp/a...

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam bentuk buku ajar yang valid dan efektif dan praktis yang dapat digunakan sebagai buku pegangan oleh mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE merupakan salah satu model pengembangan yang sering digunakan dalam penelitian untuk mengembangkan suatu produk. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap sesuai dengan namanya yang merupakan singkatan dari Analysis(Analisis), Design(Desain), Development(Pengembangan), Implementation(Implementasi), dan Evaluation(Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengembangan modul pada mata kuliah Analisa Vektor berbasis PBL menerapkan model pengembangan ADDIE. (2) Kualitas modul pada mata kuliah Analisa Vektor berbasis PBL yang dikembangkan sebagai berikut. (a) Ditinjau dari aspek kevalidan, diperoleh skor rata-rata 4,11 yang termasuk dalam kategori valid. (b) Ditinjau dari aspek efektivitas, mean antara kelompok eksperimen dibandingkan kelompok control didapakan informasi bahwa 81,20 > 78,63 sehingga hasil uji kelas eksperimen dinyatakan lebih efektifdibandingkan kelas kontrol. (c) Ditinjau dari aspek kepraktisan, didapatkan hasil respon mahasiswa terhadap modul juga baik dengan rata-rata 4,22 yang temasuk aktegori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan praktis, yaitu modul mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 29 Apr 2023 15:00
Last Modified: 29 Apr 2023 15:00
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item