Perdana, Reza Dimas Pravangasta, 0719058904 (2018) ARTIKEL: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar. Jurnal Dharma Pendidikan, 13 (2).
Text (ARTIKEL)
1. Artikel Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan taksonomi TIMSS pada materi aljabar. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan mengadopsi 8 dari 10 tahapan yang ada. Uji coba akan dilakukan kepada beberapa responden yang terdiri dari ahli materi, ahli bahan ajar, dan para siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran matematika di SMPN 1 Ngronggot masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, sementara bahan ajar yang digunakan belum melatih siswa menggunakan penalaran matematisnya. (2) Guru memerlukan suatu bahan ajar yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah. (3) 82,8% siswa merasa kesulitan pada materi aljabar dan 84,4% siswa menyatakan bahwa LKS yang ada kurang membuat mereka paham dalam pembelajaran sehingga siswa mendukung pengembangan LKS berbasis taksonomi TIMSS. (4) Pembelajaran matematika pada materi aljabar dengan menggunakan LKS berbasis taksonomi TIMSS efektif dalam meningkatkan penalaran matematis siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | Caltira Rosiana |
Date Deposited: | 01 May 2023 11:30 |
Last Modified: | 01 May 2023 11:30 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/977 |
Actions (login required)
View Item |