ARTIKEL: Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar

Yekti, Sherly Mayfana Panglipur and Perdana, Reza Dimas Pravangasta (2018) ARTIKEL: Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin., 1 (1).

[img] Text (ARTIKEL:)
1. Artikel Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Berbasis (TIMSS) sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/arti...

Abstract

Salah satu bahan ajar yang sering digunakan pada pembelajaran Matematika adalah Lembar Kerja Siswa (LKS). Sesuai dengan Kurikulum 2013, salah satu kompetensi yang wajib dimiliki siswa SMP adalah mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan abstrak. Sehubungan dengan kompetensi tersebut, maka diperlukan pembaharuan dan pengembangan secara berlanjut terhadap LKS yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan LKS berbasis taksonomi TIMSS pada siswa SMP. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngronggot Nganjuk yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen bantu berupa lembar observasi dan angket. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan dan analisis data, serta tahap penyusunan laporan.. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran matematika di SMPN 1 Ngronggot masih menggunakan metode ceramah dan diskusi, sementara bahan ajar yang digunakan belum melatih siswa menggunakan penalaran matematisnya. (2) Guru memerlukan suatu bahan ajar yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah. (3) 82,8% siswa merasa kesulitan pada materi aljabar dan 84,4% siswa menyatakan bahwa LKS yang ada kurang membuat mereka paham dalam pembelajaran sehingga siswa mendukung pengembangan LKS berbasis taksonomi TIMSS.

Item Type: Article
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Caltira Rosiana
Date Deposited: 01 May 2023 14:20
Last Modified: 01 May 2023 14:28
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item