Amin, Zainal (2020) Pengaruh pembelajaran daring dengan aplikasi Moodle terhadap hasil belajar siswa dengan pokok bahasan wilayah NKRI pada kelas X SMK Al Amin Ngetos tahun 2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK (INDONESIA))
view_usp=sharing Download (65kB) |
|
Text (ABSTRAK (INGGRIS))
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (65kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan sistem daring (online) yang tengah dilaksanakan oleh semua lembaga pendidikan pada masa pandemi COVID-19 dengan pembelajaran konvensional secara tatap muka. Pengaruh dalam arti peningkatan atau penurunan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan materi wilayah negara kesatuan republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design yang melibatkan dua kelompok siswa yang diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dan kontrol. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah SMK Al Amin tahun 2020. Populasi dari penelitian ini ada 4 kelas dengan total 69 siswa tehnik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling dan didapatkan kelas X multimedia sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 siswa dan kelas X bisnis daring pemasaran dengan jumlah 16 siswa sebagai kelas control. Tehnik pengambilan data dengan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data ststistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa, menunjukkan nilai rata-rata pre-test 70,75 dan post-test 86,62 untuk kelas control yang berarti baik dan pre-test 70,67 dan post-test 85,75 untuk kelas eksperimen yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk db = 30 nilai ttabel = 2,042 dan thitung = 1,69, maka thitung > ttable yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga “tidak ada pengaruh pembelajaran daring dengan aplikasi moodle terhadap hasil belajar siswa dengan pokok bahasan wilayah NKRI pada kelas X SMK Al Amin tahun 2020”, Adapun pengaruh tersebut adalah penurunan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 07:55 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 07:55 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/102 |
Actions (login required)
View Item |