PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK

Fitriani, Gina Apipah (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Pola asuh orangtua adalah perlakuan orangtua terhadap anaknya yang meliputi merawat, mendidik, membimbing dan melatih anaknya agar menjadi anak yang mempunyai sikap dan kepribadian yang baik, serta berakhlak mulia. Minat belajar adalah rasa tertarik atau kecenderungan melakukan suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan atau perubahan perilaku sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Prestasi belajar adalah tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran, di mana tingkat keberhasilan tersebut kemudian ditandai dengan skala nilai berupa huruf atau kata atau simbol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk?, (2) Bagaimana minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk?, (3) Apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk dan sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling qouta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai thitung 2,368 > ttabel 2,035 dengan probabilitas Sig 0,816 > 0,05. Dapat di simpulkan bahwa pola asuh orang tua secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X-4 SMA N 3 Nganjuk. (2) Nilai thitung 16,961 > ttabel 2,035 dengan probabilitas Sig 0,000 < 0,05. Dapat di simpulkan bahwa minat belajar secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X-4 SMA N 3 Nganjuk. (3) Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.Artinya bahwa Pola Asuh Orang Tua Dan Minat Belajar berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar Siswa kelas X-4 SMA N 3 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 29 May 2023 12:11
Last Modified: 29 May 2023 12:11
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item