Ajiatik, Nur (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya, (3) Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Tutor Sebaya dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk . Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas VIII-2 dan VIII-5. Setelah peneliti mengadakan penelitian mengguanakan model diatas, selanjutnya peneliti menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji analisis data awal yaitu normalitas dan homogenitas dengan nilai UH genap. Uji T menggunakan nilai post-test. Setelah dianalisis hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Thitung = 2,955 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ttabel = 1,998 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Thitung> Ttabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap pelajaran Matematika pada materi Statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Tutor Sebaya, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 11:26 |
Last Modified: | 30 May 2023 11:26 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1096 |
Actions (login required)
View Item |