PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ajiatik, Nur (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NGANJUK KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya, (3) Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Tutor Sebaya dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk . Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas VIII-2 dan VIII-5. Setelah peneliti mengadakan penelitian mengguanakan model diatas, selanjutnya peneliti menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji analisis data awal yaitu normalitas dan homogenitas dengan nilai UH genap. Uji T menggunakan nilai post-test. Setelah dianalisis hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Thitung = 2,955 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ttabel = 1,998 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Thitung> Ttabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap pelajaran Matematika pada materi Statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Tutor Sebaya, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 30 May 2023 11:26
Last Modified: 30 May 2023 11:26
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item