EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARCS TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 8 MTS DARUL IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR

Sholehah, Aniza Nur (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARCS TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 8 MTS DARUL IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1425768387%3A1686628487158243&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Tk2J1jmeshYT84hrWejqlAsN5msxpYdN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Tk2J1jmeshYT84h

Download (648kB)
[img] Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S-150250061%3A1686628992067917&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VtJtjqSgPbsImg8hxM_QjD8bd-wQr0zO%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VtJtjqSgPbsImg8h
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran ARCS memiliki peran dalam mendorong rasa percaya diri siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap peningkatan kepercayaan diri danhasilbelajarsiswa pada pembelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalahquasi eksperimentdenganrancanganpost-test only control group design.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahpembelajaran ARCS, sedangkanvariabelterikatadalahkepercayaandiridanhasilbelajarsiswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar, kuesioner dan dokumen penunjang. Data dianalisa menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ARCS terbukti efektif dalam meningkatkankepercayaan diri siswa pada pembelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk tahun pelajaran 2018/ 2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<α 0,05, maka hipotesis pertama diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran ARCS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk tahun pelajaran 2018/ 2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005<α 0,05, maka hipotesis kedua diterima.Bagi guru mata pelajaran IPA, disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), karena metode tersebut terbukti berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa dan motivasi mereka untuk mempelajari materi lebih mendalam, sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ARCS, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:12
Last Modified: 13 Jun 2023 04:12
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item