Sholehah, Aniza Nur (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARCS TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 8 MTS DARUL IHSAN PAYAMAN NGANJUK JAWA TIMUR. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1425768387%3A1686628487158243&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Tk2J1jmeshYT84hrWejqlAsN5msxpYdN%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Tk2J1jmeshYT84h Download (648kB) |
|
Text (BAB I-V)
identifier_dsh=S-150250061%3A1686628992067917&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VtJtjqSgPbsImg8hxM_QjD8bd-wQr0zO%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1VtJtjqSgPbsImg8h Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran ARCS memiliki peran dalam mendorong rasa percaya diri siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap peningkatan kepercayaan diri danhasilbelajarsiswa pada pembelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk tahun pelajaran 2018/ 2019. Jenis penelitian ini adalahquasi eksperimentdenganrancanganpost-test only control group design.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahpembelajaran ARCS, sedangkanvariabelterikatadalahkepercayaandiridanhasilbelajarsiswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar, kuesioner dan dokumen penunjang. Data dianalisa menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ARCS terbukti efektif dalam meningkatkankepercayaan diri siswa pada pembelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk tahun pelajaran 2018/ 2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<α 0,05, maka hipotesis pertama diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran ARCS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII MTs Darul Ihsan Payaman Nganjuk tahun pelajaran 2018/ 2019 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005<α 0,05, maka hipotesis kedua diterima.Bagi guru mata pelajaran IPA, disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), karena metode tersebut terbukti berhasil meningkatkan kepercayaan diri siswa dan motivasi mereka untuk mempelajari materi lebih mendalam, sehingga hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran ARCS, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 04:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 04:12 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1125 |
Actions (login required)
View Item |