STUDY KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE SAINTIFIK DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BERBEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dewi, Yussiana (2019) STUDY KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE SAINTIFIK DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BERBEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1828368326%3A1687174200307047&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1_GYVV1YQzb7EqcZWq81WmRVaVoL835Jk%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1_GYVV1YQzb7EqcZWq81WmR

Download (649kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S1761847827%3A1687174240746243&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bJUVu5bsLw_BPeYXB513uqUVP0I5OrTz%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bJUVu5bsLw_BPeYX
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-2113669685%3A1687174256301117&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1MJzOHXTs8-Z9ZKcNuZXRN730eqzg64CE%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1MJzOHXTs8-Z9ZKc
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S2030218959%3A1687174271045773&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OmcRKzi7R8pYE6LZuTZEZS976WswxKDh%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OmcRKzi7R8pYE6LZ
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1660183305%3A1687174290738352&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1atv3k5HjzIbvKg53x5179mDiWwdGdzky%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1atv3k5HjzIbvKg5
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S-2046461603%3A1687174307202368&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1E3sKFA7f8vL9uAvOPtr6SWagcmMfHBU6%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1E3sKFA7f8vL9uAvOPtr6SW
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-586835540%3A1687174324441903&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1shfXQYbbnzkeqVhYqWacKH25ptn0yO8R%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1shfXQYbbnzkeqVhYqWacKH2

Download (649kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang menggunakan metode saintifik Discovery Learning siswa kelas X di SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode saintifik Discovery Learning pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS sebanyak 98 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS 1 sejumlah 32 siswa dan X IPS 2 sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil belajar nilai siswa menunjukkan nilai rata-rata 76,09 untuk kelas eksperimen 1 yang berarti baik dan nilai rata-rata 70,15 untuk kelas eksperimen 2 yang berarti cukup baik, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 62 nilai ttabel = 1,671 dan thitung = 5,887, maka t5,887 > t1,671 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode saintifik Discovery Learning pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Metode Saintifik Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 19 Jun 2023 11:40
Last Modified: 19 Jun 2023 11:40
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1162

Actions (login required)

View Item View Item