Dewi, Yussiana (2019) STUDY KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE SAINTIFIK DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BERBEK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1828368326%3A1687174200307047&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1_GYVV1YQzb7EqcZWq81WmRVaVoL835Jk%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1_GYVV1YQzb7EqcZWq81WmR Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S1761847827%3A1687174240746243&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bJUVu5bsLw_BPeYXB513uqUVP0I5OrTz%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1bJUVu5bsLw_BPeYX Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-2113669685%3A1687174256301117&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1MJzOHXTs8-Z9ZKcNuZXRN730eqzg64CE%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1MJzOHXTs8-Z9ZKc Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S2030218959%3A1687174271045773&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OmcRKzi7R8pYE6LZuTZEZS976WswxKDh%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OmcRKzi7R8pYE6LZ Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S-1660183305%3A1687174290738352&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1atv3k5HjzIbvKg53x5179mDiWwdGdzky%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1atv3k5HjzIbvKg5 Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S-2046461603%3A1687174307202368&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1E3sKFA7f8vL9uAvOPtr6SWagcmMfHBU6%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1E3sKFA7f8vL9uAvOPtr6SW Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-586835540%3A1687174324441903&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1shfXQYbbnzkeqVhYqWacKH25ptn0yO8R%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1shfXQYbbnzkeqVhYqWacKH2 Download (649kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang menggunakan metode saintifik Discovery Learning siswa kelas X di SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode saintifik Discovery Learning pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas X IPS sebanyak 98 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X IPS 1 sejumlah 32 siswa dan X IPS 2 sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil belajar nilai siswa menunjukkan nilai rata-rata 76,09 untuk kelas eksperimen 1 yang berarti baik dan nilai rata-rata 70,15 untuk kelas eksperimen 2 yang berarti cukup baik, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 62 nilai ttabel = 1,671 dan thitung = 5,887, maka t5,887 > t1,671 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan metode saintifik Discovery Learning pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Berbek Tahun Pelajaran 2018/2019”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Metode Saintifik Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 11:40 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 11:40 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1162 |
Actions (login required)
View Item |