Efektifitas Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dan Model Pembelajaran Pair Checks untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019

Ekandarwati, Lilik (2019) Efektifitas Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dan Model Pembelajaran Pair Checks untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-1828469658%3A1689564104197444&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1fMz-OllUZGDudNj6s34kZMMBYUGX9zoT%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1fMz-OllUZGDudNj6s34kZM

Download (611kB)
[img] Text (BAB I)
identifier_dsh=S-704249204%3A1689564136607759&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ERK7i2hapQMWZxonnM1G6Qau7Rl9Nqj7%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1ERK7i2hapQMWZxonnM1G6Qa
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
identifier_dsh=S-1761296993%3A1689564160499706&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12BGFDwyiZyCq6AwJ9dYYNb1DC91gRvjI%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F12BGFDwyiZyCq6AwJ9dYYNb
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
identifier_dsh=S185200296%3A1689564189760701&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1SJBef1sXXX3ttYkU691MnL7bBmtLmXk0%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1SJBef1sXXX3ttYkU691MnL7b
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
identifier_dsh=S100788827%3A1689564206677326&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1v24WIaBWii_93DEgwDL9YZY6Ux0ax204%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1v24WIaBWii_93DEgwDL9YZY6
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
identifier_dsh=S1728608008%3A1689564222451015&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1_jlqjbXVbVSFaAJc2exkI-uCwrJ8xMwk%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1_jlqjbXVbVSFaAJc2exkI-u
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1543445370%3A1689564238065847&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IieZ0ixm_JWBRQyzyTdPkKV6AgsPJnlJ%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IieZ0ixm_JWBRQyzyTdPkK

Download (611kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model pembelajaran. Diantara model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dan Pair Checks. Dengan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membuat siswa mengelola dan menggali informasi untuk masalah matematika yang dipecahkan sehingga membuat siswa aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks, (3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving)lebih baik dibanding model pembelajaran Pair Checks pada kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil nilai tes. Untuk kelas kontrol mempunyai nilai rata rata post test 79,46 dan untuk kelas eksperimen nilai rata –rata post test 72,76 untuk kelas kontrol yang berarti sangat baik, berdasarkan analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk nilai t-tabel = 2,021 dan t-hitung = 3,04 maka thitung > t table yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dengan model pembelajaran Pair Checks untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), Model Pembelajaran Pair Checks , Teknik Analisa Data Uji- t, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:26
Last Modified: 17 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item