PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMPN 1 SUKOMORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WARDATI, ALFAYA JAUHAROTUL (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMPN 1 SUKOMORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, https://www.stkipnganjuk.ac.id.

[img] Text (artikel)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (abstrak indonesia)
view_usp=sharing

Download (67kB)
[img] Text (abstrak bahasa inggris)
view_usp=sharing

Download (67kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text
view_usp=sharing

Download (67kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA sebelum diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) pada materi Pemanasan Global siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain only one group pre-test post-test. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Sukomoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII A sejumlah 32 siswa. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis (Pre-test Post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,38 sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan kurang baik. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 64,69 sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan cukup baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui t hitung negatif yakni -9,464 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dan taraf signifikasi (2-tailed) atau 0,000 < 0,05 yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global Kelas VII SMPN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020”

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganju.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 20 May 2022 09:33
Last Modified: 20 May 2022 09:33
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item