WARDATI, ALFAYA JAUHAROTUL (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS VII SMPN 1 SUKOMORO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, https://www.stkipnganjuk.ac.id.
Text (artikel)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (abstrak indonesia)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (abstrak bahasa inggris)
view_usp=sharing Download (67kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text
view_usp=sharing Download (67kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA sebelum diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) pada materi Pemanasan Global siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain only one group pre-test post-test. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Sukomoro Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII A sejumlah 32 siswa. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis (Pre-test Post-test) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 49,38 sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan kurang baik. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 64,69 sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan cukup baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui t hitung negatif yakni -9,464 sehingga diketahui terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran BBL (Brain Based Learning) dan taraf signifikasi (2-tailed) atau 0,000 < 0,05 yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pemanasan Global Kelas VII SMPN 1 Sukomoro Tahun Pelajaran 2019/2020”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganju.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran BBL (Brain Based Learning), hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 20 May 2022 09:33 |
Last Modified: | 20 May 2022 09:33 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/470 |
Actions (login required)
View Item |