HUBUNGAN KEMAMPUAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 REJOSO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fauzan, Daru Nur, 201810110287 and Hidayati, Umi, 0014066802 (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 REJOSO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (76kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan kecerdasan emosional siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara dua variabel. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII H yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kecerdasan kemampuan emosional siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dari keseluruhan responden yang menjadi subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan kecerdasan emosional yang relatif sedang. 2) Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat disimpulkan bahwa termasuk kategori cukup baik dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 76,31. 3) Dari hasil analisis korelasi product moment dapat diketahui korelasi yang sedang yaitu sebesar 0,4729 bernilai positif, sehingga ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Hubungan antara kemampuan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 bersifat positif berarti jika kemampuan kecerdasan emosional mengalami kenaikan sebesar 0,4729 maka hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 akan mengalami kenaikan juga

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 05 Apr 2023 08:35
Last Modified: 05 Apr 2023 08:35
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item