Fauzan, Daru Nur, 201810110287 and Hidayati, Umi, 0014066802 (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 REJOSO NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan kecerdasan emosional siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara dua variabel. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII H yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kecerdasan kemampuan emosional siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dari keseluruhan responden yang menjadi subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan kecerdasan emosional yang relatif sedang. 2) Hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat disimpulkan bahwa termasuk kategori cukup baik dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 76,31. 3) Dari hasil analisis korelasi product moment dapat diketahui korelasi yang sedang yaitu sebesar 0,4729 bernilai positif, sehingga ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Rejoso Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Hubungan antara kemampuan kecerdasan emosional dengan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 bersifat positif berarti jika kemampuan kecerdasan emosional mengalami kenaikan sebesar 0,4729 maka hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 akan mengalami kenaikan juga
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 08:35 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 08:35 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/591 |
Actions (login required)
View Item |