Widiyani, Catur, 201810100286 and Hidayati, Umi, 0014066802 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMKN 1 NGANJUK MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaran siswa kelas X DPIB SMKN 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022 yang menggunakan model pembelajaran langsung, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaran siswa kelas X DPIB SMKN 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022 yang menggunakan model pembelajaran portofolio, 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas X DPIB SMKN 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022 antara yang menggunakan model pembelajaran langsung dan yang menggunakan model pembelajaran portofolio. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan Eksperimen yang berbentuk post test control group design. Populasi dari penelitian ini adalah 4 kelas X yaitu X DPIB 1, X DPIB 2, X TAV, dan X TITL 1 SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X DPBI 1 dan X DPIB 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data statistic t-test.Hasil Belajar siswa yang tidak menggunakan Model pembelajaran Portofilio pada mata pelajaran PKn mendapatkan nilai rata-rata pre-test 75,33 dan Hasil belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran Portofilio pada mata pelajaran PKn mendapatkan nilai rata-rata post-tes 86,58. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db= 35 nilai thitung= 6,4 dan ttabel= 1,690, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Terdapat Pengaruh Pengginaan Model pembelajaran Portofilio Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB di SMKN 1 Nganjuk Mata Pelajaran PKN Tahun Ajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Portofilio, Hasil Belajar, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 09:10 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 09:10 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/593 |
Actions (login required)
View Item |