PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMKN 1 NGANJUK MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2021/2022

Widiyani, Catur, 201810100286 and Hidayati, Umi, 0014066802 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DPIB SMKN 1 NGANJUK MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaran siswa kelas X DPIB SMKN 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022 yang menggunakan model pembelajaran langsung, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaran siswa kelas X DPIB SMKN 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022 yang menggunakan model pembelajaran portofolio, 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas X DPIB SMKN 1 Nganjuk Tahun Ajaran 2021/2022 antara yang menggunakan model pembelajaran langsung dan yang menggunakan model pembelajaran portofolio. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan Eksperimen yang berbentuk post test control group design. Populasi dari penelitian ini adalah 4 kelas X yaitu X DPIB 1, X DPIB 2, X TAV, dan X TITL 1 SMK Negeri 1 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X DPBI 1 dan X DPIB 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dalah analisis data statistic t-test.Hasil Belajar siswa yang tidak menggunakan Model pembelajaran Portofilio pada mata pelajaran PKn mendapatkan nilai rata-rata pre-test 75,33 dan Hasil belajar siswa yang menggunakan Model pembelajaran Portofilio pada mata pelajaran PKn mendapatkan nilai rata-rata post-tes 86,58. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Db= 35 nilai thitung= 6,4 dan ttabel= 1,690, maka thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Terdapat Pengaruh Pengginaan Model pembelajaran Portofilio Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X DPIB di SMKN 1 Nganjuk Mata Pelajaran PKN Tahun Ajaran 2021/2022”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Portofilio, Hasil Belajar, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 05 Apr 2023 09:10
Last Modified: 05 Apr 2023 09:10
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item