EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN BHINEKA TUNGGAL IKA KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Sulistyoningsih, Puput, 201810100306 and hariyono, 0021096801 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN BHINEKA TUNGGAL IKA KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing

Download (76kB)
Official URL: https://www.stkipnganjuk.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso melalui pembelajaran daring sebelum menggunakan model problem based learning, 2) Untuk mengetahui aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso melalui pembelajaran daring setelah menggunakan model problem based learning, 4) Untuk mengetahui perbedaan aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan pre eksperimental design yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-H sejumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso tahun akademik 2021/2022 melalui pembelajaran daring sebelum menggunakan model problem based learning masuk dalam kategori kurang dengan rata-rata sebesar 65,77. Aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso tahun akademik 2021/2022 setelah menggunakan model problem based learning masuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 85,31. Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat perbedaan efektifitas aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso tahun akademik 2021/2022 sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning yang dibuktikan dengan uji t sebesar 14,64565 lebih besar dari t tabel dengan df sebesar 31 pada taraf 5% yaitu 14,64565 > 1,69552

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem based learning, aspek pengetahuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 05 Apr 2023 09:29
Last Modified: 05 Apr 2023 09:29
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item