Sulistyoningsih, Puput, 201810100306 and hariyono, 0021096801 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN BHINEKA TUNGGAL IKA KELAS VII SMPN 1 REJOSO TAHUN AKADEMIK 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=sharing Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso melalui pembelajaran daring sebelum menggunakan model problem based learning, 2) Untuk mengetahui aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso melalui pembelajaran daring setelah menggunakan model problem based learning, 4) Untuk mengetahui perbedaan aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan pre eksperimental design yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas VII sebanyak 288 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-H sejumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso tahun akademik 2021/2022 melalui pembelajaran daring sebelum menggunakan model problem based learning masuk dalam kategori kurang dengan rata-rata sebesar 65,77. Aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso tahun akademik 2021/2022 setelah menggunakan model problem based learning masuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 85,31. Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat perbedaan efektifitas aspek pengetahuan siswa pada materi Keberagaman Bhineka Tunggal Ika kelas VII SMPN 1 Rejoso tahun akademik 2021/2022 sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning yang dibuktikan dengan uji t sebesar 14,64565 lebih besar dari t tabel dengan df sebesar 31 pada taraf 5% yaitu 14,64565 > 1,69552
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran problem based learning, aspek pengetahuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 09:29 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 09:29 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/594 |
Actions (login required)
View Item |