Yuliah, Ning Siti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK ING)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (ABSTRAK IND)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru lebih mendominasi dikelas, sehingga siswa tidak berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti, menawarkan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning yang lebih menarik dan bermakna, sehingga siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari masalah yang dihadapi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh hasil belajar matematika model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran guided discovery pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 6 Nganjuk kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode/jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain “True Experimental Design Random terhadap subyek”. Dalam hal ini kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Sedang kelompok kontrol adalah siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Nganjuk yang berjumlah 275 siswa. Dari sembilan kelas pada kelas VIII yang ada di SMPN 6 Nganjuk , diambil 2 kelas untuk dijadikan sampel, dengan undian atau lotre, yang digunakan berupa pengambilan kertas yang bertuliskan nama kelas VIII-1 sampai VIII-9 yang digulung dan dikocok sehingga terambil dua kelas yaitu kelas VIII-3 sebanyak 31 siswa dan kelas VIII-5 sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa statistik yaitu t-test. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata - ratanya adalah 81,3 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata - ratanya adalah 67,2. Kemudian disubstitusikan pada rumus t-tes diperoleh thitung = 7,01 dan derajat bebasnya 60 taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel = 2,000. Sehingga didapatkan thitung > ttabel yaitu 7,01 > 2,000. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi : “Ada Pengaruh Model Pembelaaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganju.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran guided discovery, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 12:37 |
Last Modified: | 05 Feb 2021 12:37 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/66 |
Actions (login required)
View Item |