Sofiana, Siti (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Pemahapan Kosep Matematis Materi Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK)
view_usp=sharing Download (71kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan metode pembelajaran Konvensional, 2) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry, 3) Mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan pemahaman konsep matematis yang menerapkan metode Guided Inquiry dengan metode Konvensional pada materi pythagoras kelas VIII. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baron tahun ajaran 2019/2020. Sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol sejumlah 32 siswa dan VIII-B sebagai kelas eksperimen sejumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 71,84 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata post-test 84, untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan 5% untuk dk = 61 nilai ttabel = 1,99962 dan thitung = 4,831277, maka hitung = 4,831277 > ttabel = 1,99962 yang berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga “Hasil kemampuan pemahaman konsep dengan penerapan metode pembelajaran Guided Inquiry lebih baik dari metode konvensional pada siswa kelas VIII materi teorema phytagoras di SMPN 1 Baron tahun pelajaran 2019/2020.”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran Guided Inquiry, kemampuan pemahaman konsep matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > NN |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 10:31 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 10:31 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
View Item |