Vandha, Fitrianis (2020) Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk pada materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, STKIP PGRI NGANJUK.
Text (ABSTRAK)
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=sharing Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvesional,2)untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger,3)untuk mengetahui perbedaan modek pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran konvesional terhadap hasil belajar siswa pada materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang siswa kelas VIII. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design.Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020.Popoulasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 281 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sejumlah 32 siswa dan VIII-B sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan tekhnik acak.Tekhnik pengumpulan data dengan tes tertulis dan observasi.Kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen.Tekhnik analisa data yang digunakan untuk menganalisa data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes.siswa menujukkan nilai rata-rata pre test 68,84 dan post test 75,875 untuk kelas control dan nilai rata-rata pre test 66,5 dan post test 86 untuk kelas eksperimen.berdasar hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk n1 = 32 dan n2 = 32 nilai thitung = 8,14 dan ttabel = 1,99 maka thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.Sehingga”ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Treffinger dengan model pembelajaran konvesioanal terhadap hasil belajar matematika materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang pada siswa kelas VIII SMPN Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | INFO : perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Treffinger,hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > NN |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 10:34 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 10:34 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
View Item |