Uzlifah, Hanifatul, 201810110292 and Suharto, 0008046601 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X PERHOTELAN 1 SMKN 2 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=share_link Download (74kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=share_link Download (74kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=share_link Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=share_link Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=share_link Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=share_link Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=share_link Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=share_link Download (74kB) |
|
Text (ARTIKEL)
view_usp=share_link Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada mata pelajaran PKN Kelas X Perhotelan 1 SMKN 2 Bagor Tahun Pelajaran 2021/2022, 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada mata pelajaran PKN Kelas X Perhotelan 1 SMKN 2 Bagor Tahun Pelajaran 2021/2022, 3) Untuk mengetahui perbedaan signifikan dalam menggunakan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN Kelas X Perhotelan 1 SMKN 2 Bagor Tahun Pelajaran 2021/2022 Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan pre eksperimental design yang berbentuk one group pre-test post-tes design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMKN 2 Bagor Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 325 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas X Perhotelan 1 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan siswa berpikir kreatif pada mata pelajaran PKN sebelum menggunakan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 masuk dalam kategori baik. 2) Kemampuan siswa berpikir kreatif pada mata pelajaran PKN setelah menggunakan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 masuk dalam kategori sangat baik. 3) Terdapat perbedaan sebelum dengan sesudah dalam menggunakan pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) terhadap kemampuan siswa berpikir kreatif pada mata pelajaran PKN di Kelas X Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini ditunjukkan pada nilai t0 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% maupun atau 10,18890 > 1,68957.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | higher order thinking skill, kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PPKn |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 04 May 2023 09:57 |
Last Modified: | 04 May 2023 09:57 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
View Item |