Satriawan, Yoppi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN WINDOW SHOPPING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA PADA MATERI BUNYI DI SMPN 1 REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran window shopping untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa SMP pada materi bunyi. Sehingga hipotesis dapat di rumuskan Ha : Ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran window shopping terhadap penguasaan konsep ipa siswa pada materi bunyi di SMPN 1 Rejoso Kab Nganjuk Tahun Pelajaraan 2021/2022 Metode penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain the nonequivalent control design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh 1 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes penguasaan konsep berbentuk essay 5 butir soal yang sudah divalidasi oleh ahli dan lembar observasi. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil olah data peningkatan penguasaan konsep IPA.Dari tabel output “Paired Samples Test” di atas juga memuat informasi tentang nilai “ Mean Paired Differences” adalah sebesar -16,2903. Nilai ini menunjukan selisih antara penguasaan konsep IPA pretest (70) dengan penguasaan konsep IPA posttest (86). Karena nilai thitung 12.625 > ttable 2.042 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha di terima . sehingga dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran window shopping terhadap penguasaan konsep ipa siswa pada materi bunyi kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Kab Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan konsep IPA yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran window shopping pada materi bunyi dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi bunyi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Window Shopping, Penguasaan Konsep IPA, Bunyi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 24 May 2023 12:04 |
Last Modified: | 24 May 2023 12:04 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1038 |
Actions (login required)
View Item |