Hemawati, Bela (2022) EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL LEARNING DI ERA NEW NORMAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA SMKN 2 NGANJUK TAHUN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran reciprocal learning pada mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X SMKN 2 Nganjuk tahun 2021/2022, (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal learning pada mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X SMKN 2 Nganjuk tahun 2021/2022, (3) Mengetahui Adakah perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan dan yang tidak menggunakan model pembelajaran reciprocal learning pada mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X SMKN 2 Nganjuk tahun 2021/2022. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X BDP dan X AKL SMA Negeri 2 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan sampel yang digunakan siswa kelas X BDP 1 sejumlah 32 siswa dan X BDP 3 sejumlah 32 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen tes beberapa butir soal uraian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T (hipotesis). Setelah peneliti mengadakan penelitian diperoleh hasil belajar Ekonomi Bisnis siswa kelas X BDP 1 di SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 yang tidak menggunakan model Reciprocal Learning menunjukkan rata-rata nilai adalah 70,71 dari 32 siswa. Ketercapaian hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model Reciprocal Learning adalah Cukup Baik Hasil belajar Ekonomi Bisnis siswa kelas X BDP 3 di SMKN 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan penerapan model Pembelajaran Reciprocal Learning menunjukkan nilai post tes yang di rata-rata adalah 79,37. dari 32 siswa. Ketercapaian hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Reciprocal Learning adalah Baik. Dari perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh nilai thitung= 4,952 dan ttabel = 1,998 dengan taraf signifikan 5% untuk n1 = 32 dan n2 = 32. Kemudian keduanya dibandingkan dan dapat dilihat bahwa t hitung = 4,952 > ttabel = 1,998 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya hipotesis yang diajukan peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi: Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang menggunakan dan yang tidak menggunakan model pembelajaran reciprocal learning pada mata pelajaran ekonomi bisnis siswa kelas X SMKN 2 Nganjuk Tahun 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Reciprocal Learning, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 25 May 2023 08:25 |
Last Modified: | 25 May 2023 08:25 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1040 |
Actions (login required)
View Item |