Setiyorini, Devi (2022) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran modul cetak pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk, 3) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran modulcetak dengan pembelajaran e-modul pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi-Eksperimen. Desain yang digunakan dalam peneitian ini adalah tes akhir ( Postest-Only Control Group Design). Variabel dari penelitian ini adalah media pembelajaran e-modul (X) dan hasil belajar ekonomi (Y). Populasi dari penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa X SMA Negeri 3 Nganjuk tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 2 kelas berjumlah 72 siswa , siswa kelas X-4 sebagai kelas kontrol dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Intrumen penelitian ini adalah tes yang digunakan berisi soal-soal pilihan ganda yang dibagikan kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan nilai tes. Siswa mendapatkan nilai rata-rata post test kelas kontol media pembelajaran modul cetak 78,8 belum ada peningkatan hasil belajar ekonomi dan kelas eksperimen media pembelajaran e-modul 87,5 sudah ada peningkatan hasil belajar ekonomi. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 70 nilai thitung = 7,190 dan ttabel =2,000, maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Penerapan media pebelajaran E-modul IPS untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melanjutkan dan mengembangkan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran E-modul, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 25 May 2023 09:34 |
Last Modified: | 25 May 2023 09:34 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1044 |
Actions (login required)
View Item |