Pratama, Dimas Reza Febry (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENGETAHUAN WIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengetahuan wirausaha siswa dengan model pembelajaran tatap muka tanpa menggunakan model project based learning, 2) untuk pengetahuan wirausaha siswa dengan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning , 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap pengetahuan wirausaha siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian True-Experimental. Desain yang digunakan dalam peneitian ini adalah tes akhir ( Postest-Only Control Group Design). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 2 Bagor tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI ATPH 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI ATPH 3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Project Based Learning sebagai variabel bebas dan Pengetahuan Wirausaha Kelas XI sebagai variabel terikat. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic t-test. Berdasarkan nilai tes siswa mendapatkan nilai rata-rata post test kelas kontrol 84,08 dan kelas eksperimen 88,9. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikan 5% untuk Dk = 66 nilai thitung = 2,77 dan ttabel = 1,99, maka thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran kewirausahaan terhadap pengetahuan wirausaha siswa kelas XI di SMK Negeri2 Bagor tahun pelajaran 2021/2022”. Dalam penyusunan skripsi ini peneliti menyadari masih banyak kekurangan, salah satunya sumber penelitian yang masi kurang maka harapannya penelitian berikutnya agar bisa memperluas sumber informasi penelitian yang lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran project based learning , pengatahuan wirausaha. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 25 May 2023 10:51 |
Last Modified: | 25 May 2023 10:51 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1048 |
Actions (login required)
View Item |