Pitaloka, Novi Diah (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE GALLERY WALK KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Model pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengembangkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran yang efektif akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Type Gallery Walk terhadap hasil belajar sisiwa kelas X1 SMK Negeri 2 Bagor serta peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Bagor, yang berjumlah 189 siswa. Karena jumlah populasi yang relative besar sehingga penelitian hanya dilakukan di 1 kelas yaitu kelas XI Tata Boga 2 sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan Observasi, Tes (pre-test & post test) dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif type gallery walk memiliki pengaruh dalam hasil belajar siswa. Dengan nilai rata-rata siswa pada pre-test 55%, siklus I 62,05%, dan siklus II 76,17%. Hal itu menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif type gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut sebesar 82,35% peningkatan tersebut diperoleh dari hasil pencapaian evaluasi dari pra siklus sampai siklus kedua , peningkatan keaktifan belajar siswa 92,5% diperoleh dari observasi yang dilakukan dari setiap pembelajaran pada masing-masing siklus.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Gallery Walk, hasil belajar, keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 29 May 2023 02:12 |
Last Modified: | 29 May 2023 02:12 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1061 |
Actions (login required)
View Item |