Nuriza, Dina Ayu (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 135 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 35 siswa dan XI IPS 3 sejumlah 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 72,19 untuk kelas kontrol yang berarti cukup dan nilai rata-rata post test 79,79 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 67 nilai ttabel = 1,996 dan thitung = 4,249, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran treffinger dengan didukung media audio visual pada materi ketenagakerjaan mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Treffinger, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 29 May 2023 11:42 |
Last Modified: | 29 May 2023 11:42 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1076 |
Actions (login required)
View Item |