PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nuriza, Dina Ayu (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REJOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi menggunakan model pembelajaran treffinger dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Treffinger dengan didukung media audio visual pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas XI IPS sebanyak 135 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas XI IPS 1 sejumlah 35 siswa dan XI IPS 3 sejumlah 34 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganailisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t. Berdasarkan hasil nilai tes siswa menunjukkan nilai rata-rata post test 72,19 untuk kelas kontrol yang berarti cukup dan nilai rata-rata post test 79,79 untuk kelas eksperimen yang berarti baik, berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 67 nilai ttabel = 1,996 dan thitung = 4,249, maka thitung> ttabel yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga “Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran treffinger dengan didukung media audio visual pada materi ketenagakerjaan mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rejoso Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Treffinger, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 29 May 2023 11:42
Last Modified: 29 May 2023 11:42
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item