PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Budi, Rizki Setyo (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS X SMAN 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan atau observasi awal yang penulis lakukan dengan guru ekonomi SMA Negeri 3 Nganjuk, dimana siswa terlalu bosan dengan strategi pembelajaran yang selalu diterapkan di sekolah, sehingga penulis mencoba menerapkan strategi yang cocok untuk siswa agar siswa tidak bosan dan lebih konsentrasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk Mengetahui hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi sebelum menerapkan strategi pembelajaran metakognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 2).Untuk Mengetahui Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi sesudah menerapkan strategi pembelajaran metakognitif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022, 3). Untuk Mengetahui ada tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah menerapkan strategi pembelajaran metakognitif terhadap hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMAN 3 NganjukKabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 360 peserta didik. Sedangkan sampel yang terpilih yaitu kelas X-1 sejumlah 36 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah Uji-T. Berdasarkan hasil nilai tes, sebelum menggunakan strategi pembelajaran metakognitif diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 maka nilai rata rata pre tes 76 dan setelah menggunakan strategi pembelajaran metakognitif diperoleh hasil belajar dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70 maka nilai rata-rata posttes 83,5. Dari perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh nilai 16,5 sedangkan nilai 2,021. Dapat dilihat bahwa ≥ dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti “Diterima”. Adapun hipotesis yang dimaksud berbunyi “Ada Pengaruh sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kegiatan Ekonomi Kelas X SMA Negeri 3 Nganjuk TahunPelajaran2021/2022“

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Metakognitif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 29 May 2023 12:19
Last Modified: 29 May 2023 12:19
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item