Karimah, Anisa’ul (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA RASZLE (PHYTAGORAS PUZZLE) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN PENDEKATAN PMRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP SAINS MIFTAHUL HUDA NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penggunaaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dan sebelum penerapanpendekatan PMRI dalam mata pelajaran Teorema Phytagoras, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelahpenerapan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dan setelah penggunaan pendekatan PMRI dalam mata pelajaran Teorema Phytagoras, 3) Untuk mengetahui bahwa penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) denganpenerapan pendekatan PMRI lebih efektifuntuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi Teorema Phytagoras terhadap siswa kelas VIII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Experimental Design tipe One Group Pretest Posttest.Penelitian ini disebut juga penelitian populasi yang artinya semua siswa kelas VIII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk dijadikan subjek penelitian.Sehingga populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Al-Farabi di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk sebanyak 23 siswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistic uji t (t test). Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest 37,98 yang berdasarkan tabel Tingkat Pemahaman Siswa berarti Kurang Baik, dan nilai rata rata posttest 74,39 yang berdasarkan tabel Tingkat Pemahaman Siswa berarti Cukup Baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 10,22 dan ttabel dengan db = 22 = 1,717 pada taraf signifikan 5% sehingga thitung> ttabel akibatnya Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dengan pendekatan PMRI. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan alat peraga Raszle (Phytagoras Puzzle) dengan pendekatan PMRI lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Teorema Phytagoras kelas VIII di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga, Pendekatan PMRI, Hasil Belajar Siswa, Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 29 May 2023 12:41 |
Last Modified: | 29 May 2023 12:41 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |