PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK

Setyowati, Ayu (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan pemahaman siswa pada soal cerita materi SPLDV. Setelah dilihat dari hasil Guru juga menujukkan bahwa hasil nilai matematika PTS Semester genap tahun 2021/2022 nilai siswa 70% dibawah KKM (75). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) Bagaimana pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran cooperative Learning type CIRC, (3) Apakah ada perbedaan pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dan model pembelajaran Konvensional pada soal cerita materi SPLDV kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Soal cerita merupakan soal matematika yang dapat dituangkan dalam bentuk cerita, sehingga dapat memudahkan siswa dalam menalar atau membayangkan seolah-olah siswa tersebut benar-benar mengalami permasalahan yang terjadi pada soal cerita, kemudian menerapkannya pada rumus-rumus yang telah ditentukan dalam matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Pemahaman siswa pada soal cerita materi SPLDV dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk yang berjumlah 57 Siswa. Penelitian ini menggunakan Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data dokumentasi dan test. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 70,25 dengan kategori Cukup. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkkan nilai rata-rata 80,75 dengan kategori Baik. Hasil perhitungan menggunakan rumus uji-t diperoleh nilai thitung = 7,75 dan ttabel = 2,00 dengan taraf signifikan 0,05, disimpulkan bahwa thitung ttabel = 2,00 sehingga Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dan model pembelajaran Konvensional pada soal cerita materi SPLDV kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa, Model Cooperative Learning tipe CIRC, Soal Cerita materi SPLDV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 29 May 2023 12:53
Last Modified: 29 May 2023 12:53
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item