PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SPASIAL PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Utami, Desy Widya Dwi (2022) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SPASIAL PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan representasi spasial siswa menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui kemampuan representasi siswa setelah menggunakan model prestasi belajarpembelajaran Contextual Teaching and Learning, 3) Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Contextual Teacing and Leaerning dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi spasial siswa pada mata pelajaran matematika materi Geoetri Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk Penelitian ini adalah penelitian populasi. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen dan dibagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas XI-TKRO sebagai kelas kontrol sejumlah 16 siswa dan kelas XI-MM sebagai kelas eksperimen sejumlah 16 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik Independent Sample t-test Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 65,25 untuk kelas kontrol yang berarti cukup baik, dan nilai rata – rata post-test 83,87 untuk kelas eksperimen yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan pada uji hipotesis sebesar 0,00 > 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi spasial siswa antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Geometri siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022”.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Kemampuan representasi spasial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 30 May 2023 08:29
Last Modified: 30 May 2023 08:29
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item