Utami, Desy Widya Dwi (2022) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI SPASIAL PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan representasi spasial siswa menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui kemampuan representasi siswa setelah menggunakan model prestasi belajarpembelajaran Contextual Teaching and Learning, 3) Untuk Mengetahui terdapat perbedaan model pembelajaran Contextual Teacing and Leaerning dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan representasi spasial siswa pada mata pelajaran matematika materi Geoetri Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk Penelitian ini adalah penelitian populasi. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen dan dibagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah keseluruhan dari populasi yaitu kelas XI-TKRO sebagai kelas kontrol sejumlah 16 siswa dan kelas XI-MM sebagai kelas eksperimen sejumlah 16 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik Independent Sample t-test Berdasarkan hasil nilai tes, siswa menunjukkan nilai rata-rata post-test 65,25 untuk kelas kontrol yang berarti cukup baik, dan nilai rata – rata post-test 83,87 untuk kelas eksperimen yang berarti baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signitifikan pada uji hipotesis sebesar 0,00 > 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi spasial siswa antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi Geometri siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Kemampuan representasi spasial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 08:29 |
Last Modified: | 30 May 2023 08:29 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
View Item |