ANALISIS LEARNING LOSS PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 NGANJUK AKIBAT PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Kresna, Irvan Ashara (2022) ANALISIS LEARNING LOSS PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 NGANJUK AKIBAT PANDEMI COVID-19 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis learning loss dengan indikator kesulitan-kesulitan pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah materi limit fungsi aljabar pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Nganjuk akibat pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022, 2) Menganalisis learning loss dengan indikator kurangnya pemahaman siswa terhadap materi atau informasi yang diberikan oleh guru pada kemampuan pemecahan masalah materi limit fungsi aljabar pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Nganjuk akibat pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022, 3) Menganalisis learning loss dengan indikator siswa sering lupa akan konsep suatu ilmu pengetahuan hanya mengingat hafalan saja pada kemampuan pemecahan masalah materi limit fungsi aljabar pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Nganjuk akibat pandemi covid-19 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan adalah SMA Negeri 3 Nganjuk. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 3 Nganjuk yang berjumlah 345 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunkan triangulasi teknik yaitu analisis soal, wawancara siswa, dan dokumentasi. Sebanyak 36 siswa kelas XI MIPA 1 akan dianalisis jawaban mereka dan diambil 10 siswa untuk diwawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan analisis soal dan wawancara siswa menunjukkan terjadi learning loss pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Nganjuk. Ditunjukkan dengan siswa tidak bisa menyelesaikan soal tepat pada waktunya serta tidak ada siswa yang dapat menjawab soal dengan langkah-langkah pemecahan masalah Polya sampai tahap keempat. Dari hasil analisis soal didapatkan siswa mengerjakan soal yang ada dengan menggunakan rumus limit fungsi aljabar, tidak dengan konsep limit fungsi aljabar. Juga dari hasil wawancara siswa menyatakan bahwa siswa kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut dan kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat indikator-indikator learning loss yang terjadi. Indikator-indikator learning loss yaitu 1) Adanya kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran, 2) Siswa kurang dapat memahami materi atau informasi yang diberikan oleh guru, 3) Siswa sering lupa akan konsep suatu ilmu pengetahuan, hanya mengingat hafalan saja.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Learning Loss, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 30 May 2023 09:26
Last Modified: 30 May 2023 09:26
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item