PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Widhiya, Mita (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.

[img] Text (ASBTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
view_usp=drive_link
Restricted to Repository staff only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran Quick On The Draw dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Model pembelajaran Quick on The Draw merupakan suatu model pembelajaran yang lebih menekankan pada aktivitas dan kerja sama siswa dalam mencari, menjawab dan melaporkan informasi dalam sebuah permainan yang mengarah pada pacuan kelompok melalui aktivitas kerja tim dan kecepatannya. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian qusai eksperimen. Variabel independen adalah model pembelajaran Quick on the draw dan variabel dependennya adalah hasil belajar siswa kelas VIII pada materi bagun ruang sisi datar. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 64 siswa, teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu menggunakan seluruh populasi terdiri dari 32 siswa kelas VIII-A sebagai kelas ekperimen dan 32 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data uji t. Sebelum melakukan uji t perlu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh x2hitung = 6,136 < x2tabel = 11,070 dan kelas eksperimen x2hitung = 2,705 < x2tabel = 11,070 karena x2hitung < x2tabel maka kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,56 < Ftabel = 1,82 maka dikatakan varians homogen Berdasarkan hasil nilai tes, rata-rata post-test kelas kontrol 74,25 tergolong Cukup Baik sedangkan kelas eksperimen 82,5 tergolong Baik. Berdasarkan analisis data diperoleh diperoleh nilai nilai thitung = 3,957 dan ttabel = 1,998 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya bahwa Adanya perbedaan model pembelajaran Konvensional dengan model pembelajaran Quick On The Draw terhadap hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id
Uncontrolled Keywords: Quick On The Draw, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: K.U.Perpustakaan Workshop
Date Deposited: 30 May 2023 11:16
Last Modified: 30 May 2023 11:16
URI: http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item