Lestari, Nurul Widhi (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) TERHAFAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bagaimana hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional, (2) bagaiman hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesmen, Satisfaction (ARIAS), (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan model pembelajran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) pada materi SPLDV siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. komponen yang terdapat dalam model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) diharapkan dapat menciptakan suasa belajar yang lebih menyenangkan dengan materi SPLDV yang biasa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu True Eksperimen Desain dengan desain penelitian Posstest Only Control Desain, Variabel bebas adalah model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction, dan variabel terikat adalah hasil belajar. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Populasi penelitian yaitu kelas X sebanyak 58 siswa , penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah Uji T. Setelah peneliti mengadakan penelitian mengguanakan metode diatas, selanjutnya peneliti menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji analisis data awal yaitu normalitas dan homogenitas dengan nilai UH genap. Uji T menggunakan nilai post-test. Setelah dianalisis hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Thitung = 4,604 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ttabel = 2,003 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Thitung > Ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) terhadap pelajaran Matematika pada materi SPLDV siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dengan rata-rata nilai 71 dari 25 siswa menunjukkan hasil cukup baik, dan menggunakan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction (ARIAS) dengan rata-rata nilai 81,87 dari 33 siswa menunjukkan hasil Baik. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan model pemebelajaran Konvensional dengan Assurance, Relevance, Interest,Assesment, Satisfaction (ARIAS) terhadap hasil belajar siswa siswa kelas X
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 11:35 |
Last Modified: | 30 May 2023 11:35 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |