Nurhayati, Ro’if Mamluk’atul (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN STATISTIKA (PANTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP NEGERI 4 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) tanpa menggunakan media Papan Statistika (Pantik), 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) yang menggunakan media Papan Statistika (PANTIK), 3) untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) tanpa menggunakan media Papan Statistika (PANTIK) dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) yang menggunakan media Papan Statistika (Pantik) terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk. Model pembelajaran giving questions and getting answer merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan dan mengemukakan jawaban menggunakan media potongan kertas yang telah diberikan oleh guru. Media papan statistika adalah media yang di buat dengan tujuan dapat dijadikan sebagai media dalam mempelajari materi statistika. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian True-Experimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir (Post-Test Only Control Group Design). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol dan dan kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data t-test. Sebelum melakukan uji t perlu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji normalitas pada kelas kontrol diperoleh x2hitung = < x2tabel = 11,070 dan kelas eksperimen x2hitung = 7,7 < x2tabel = 11,070 karena x2hitung < x2tabel maka kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,04 < Ftabel = 1,82 maka dikatakan varians homogen. Berdasarkan hasil nilai tes, rata-rata post-test kelas kontrol tergolong Cukup Baik sedangkan kelas eksperimen tergolong Baik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui taraf signifikan untuk nilai dan , maka yang berarti ditolak dan diterima. Sehingga “Adanya perbedaan antara model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) tanpa media Papan Statistika (PANTIK) dengan model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA) yang menggunakan media Papan Statistika (PANTIK) terhadap hasil belajar matematika pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 4 Nganjuk tahun pelajaran 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Giving Questions and Getting Answer (GQGA),Media Papan Statistika, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 11:42 |
Last Modified: | 30 May 2023 11:42 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1098 |
Actions (login required)
View Item |