I’nayah, Saniyatul (2022) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA SISWA KELAS VII MTS AL-HUDA KEPUHBENER KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagian besar pendidik matematika menggunakan proses pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered) sehingga peserta didik tidak diberi waktu yang cukup untuk mengungkapkan ide, memberikan pengalaman abstrak, menyelesaikan masalah dan pembelajaran yang homogen. Hal ini menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing, 2) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media Audio-visual, 3) Untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan media Audio-visual, 4) Untuk Mengetahui ada Hubungan yang signifikan model pembelajaran inquiri terimbing dengan Media Audio-visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Penyajian data Kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk . Penggunaan model pembelajaran Inquiri Terbimbig mengacu pada 6 fase yaitu pendidik mengkondisikan pembelajaran yang responsive, siswa merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan dengan menunjukan data yang relevan. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan hasil post-test materi penyajian data. Teknis analisis data mengggunakan Korelasi ganda dengan variabel bebas (x1) adalah model pemebelajaran Inquiri Terbimbing dan variabel bebas (X2) adalah Media Pembelajaran Audio-Visual, variable terikat (y) adalah Hasil belajar matematika materi penyajian data. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan sampel yang terpilih dengan teknik Simple Random Sampling adalah siswa kelas VII-A MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Inquiri Terbimbing menunjukkan rata-rata 86,08, hasil belajar dengan media Audio-Visual menunjukkan rata-rata 76,60, hasil belajar menggunakan model pembelajaran Inquiri terbimbing dengan media Audio-visual menunjukkan rata-rata 87,86 dan Hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai Fhitung = 21,93 dan Ftabel = 3,49 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian Fhitung> Ftabel. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan bahwa Ada hubungan yang signifikan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dengan media Audio-Visual terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data siswa kelas VII MTS Al-Huda Kepuhbener Nganjuk Tahun pelajaran 2021/2022.Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat lebih tertarik dan termotivasi dalam melaksanakan proses pembelajaran yang lebih efektif serta bermafaat bagi guru matematika,siswa dan peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Inquiri Terbimbing, media Audio-visual, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 11:52 |
Last Modified: | 30 May 2023 11:52 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
View Item |