Purwanti, Yeni Rina (2022) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR MATERI LUAS SEGITIGA PADA TRIGONOMETRI KELAS X SMK PGRI 2 NGANJUK. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK INDONESIA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (ABSTRAK INGGRIS)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
view_usp=drive_link Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
view_usp=drive_link Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui tinggi rendahnya hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran penerapan metode index card match (ICM) dengan belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk yang terdiri dari 1 kelas. Sampel untuk penelitian diambil secara acak dari pengambilan sampel yang ada, yakni seluruh siswa kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk yang berjumlah 35 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperiment dengan metode true experimental design (eksperimen yang betul-betul) dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes di awal dan di akhir (pretest-posttest) untuk mengukur kemampuan siswa. dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari statistika deskriptif adalah (1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 38,81 dan termasuk dalam kategori sedang dan nilai gain diperoleh 0,55; (2) Skor rata-rata belajar matematika siswa yang diajar pembelajaran penerapan metode index card match adalah 83,25 dan berada pada kategori tinggi dengan nilai gain 0,77. Hasil ini diperkuat oleh uji independent t-test, diperoleh nilai Pvalue sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikan α yaitu 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan penggunaan metode pembelajaran aktif tipe index card match (ICM) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional , dalam hal ini terdapat penggunaan metode pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM) terhadap kemampuan belajar materi luas Segitiga pada Trigonometri kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021 /2022.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Index index card match (ICM),terhadap kemampuan belajar materi luas Segitiga pada Trigonometri kelas X SMK PGRI 2 Nganjuk |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 30 May 2023 12:01 |
Last Modified: | 30 May 2023 12:01 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1100 |
Actions (login required)
View Item |