Sulistyoningrum, Evi Vani Dhevi (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPNEGERI 3 BAGOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S2030551827%3A1686624906456722&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1BRL6po8F1fUJfR8vQGqUdQSDGRvJiZ8X%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1BRL6po8F1fUJfR8v Download (649kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-1811781137%3A1686624933290716&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13sbii22uGtlChY_GCsPpWbj8kAjzbHcU%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F13sbii22uGtlChY_ Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-250870556%3A1686625134084233&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16wa1QPOsL2end0M7uRXN-Mb2aEA_GLfL%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F16wa1QPOsL2end0M7 Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S-972766000%3A1686625155013383&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Bo-MJKnXc5D34sGacwt5X7INYVNZa1Pp%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1Bo-MJKnXc5D34sGa Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S1460272497%3A1686625195706652&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F19Mglo0O6LEe7XXeDyBpmCvheLltWzIfI%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F19Mglo0O6LEe7XXeD Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S-1492948162%3A1686625359182519&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1q3zqrIk-WesnUyCOK-obl5RH2HfQU4ul%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1q3zqrIk-WesnUyC Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S621195693%3A1686625385174429&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1eyJazmiR5xnHsdIwOzJiUzi-UFO0XS9E%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1eyJazmiR5xnHsdIwO Download (648kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prestasi belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII dengan menggunakan model pembalajaran langsung (Direct Instruction), 2) Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII setelah menggunakan model pembelajaran guided inquiry, 3) Untuk mengetahui efektif atau tidaknya Model pembelajaran guided inquiry dan model pembalajaran langsung (Direct Instruction) terhadap hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Bagor Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VII, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII B dan VII C dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Diambil dua kelas dari populasi dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kotrol. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis, dokumentasi, dan observasi . Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-test. Berdasarkan hasil nilai tes. siswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test 71,35 dan nilai rata-rata post-test 74,91 untuk kelas kontrol dan nilai rata-rata pre-test 74,39 dan nilai rata-rata post-test 82,91 untuk kelas eksperimen yang berarti lebih baik dari pada kelas kontrol, berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 25.0.0 pada uji 3. Pada uji hipotesis menggunakan Paired Samples T-test, didapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (pos-test) baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol setelah diterapkan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada siswa kelas VII SMPN 3 Bagor Tahun Pelajaran 2018/2019. Artinya model pembelajaran Guided Inquiry sangat efektif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Direct Instruction, Model Pembelajaran Guided Inquiry, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:06 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:06 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1124 |
Actions (login required)
View Item |