Yunengsih, Retno (2019) STUDI KOMPARATIF ANTARAMODELKOOPERATIF TIPE STUDENTTEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODELGUIDEDINQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHAAN GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMPN 3 BAGOR NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (ABSTRAK)
identifier_dsh=S-402558358%3A1686731377953452&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1iG0iw2ZpuYlNtqgK6O-5S8N0OPs9xm8K%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1iG0iw2ZpuYlNtqgK Download (648kB) |
|
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-66128870%3A1686731391616161&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1rgrt0eBBbAJetlaVLPZ26FbWVDwyOC0t%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1rgrt0eBBbAJetlaVL Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S-922334093%3A1686731407785624&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1s-HAK9TuNGt01ikOtnId_yVhB9r07SH1%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1s-HAK9TuNGt01ikO Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S285273930%3A1686731462581057&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tPrr_GghmrhqJHCTTgPNyIwI0IK1nS_Q%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1tPrr_GghmrhqJHCTT Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S520312443%3A1686731528635714&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1wsL2pjt1sregPGRzGtiohxXrFFTrkqyg%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1wsL2pjt1sregPGRzG Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S-1878661403%3A1686731549919062&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IqZY11hkskCs6wIibuiiHMTBklSbFYuK%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IqZY11hkskCs6wI Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S403554413%3A1686731680034073&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1TnbJRplFIHU3GIt3Kj4kGN3m0YQTbvtp%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1TnbJRplFIHU3GIt3K Download (650kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), 2) untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Guided, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Guided Inquiry dalam materi Getaran dan Gelombang pada siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian yaitu kelas VIII sebanyak 71 siswa, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VIII-A sejumlah 25 siswa dan VIII-B sejumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis dan dokumentasi. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen 2. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik t-tes. Berdasarkan hasil nilai tes siswa untuk kelas eksperimen 1 menunjukkan nilai rata-rata post-test 79,44 dan memiliki ketercapaian nilai tuntas sebesar 76% sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan baik. Sedangkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 72,95 dan memiliki ketercapaian nilai tuntas sebesar 45,8% sehingga tingkat keberhasilan hasil belajar dikategorikan cukup baik. Berdasarkan hasil analisis diketahui taraf signifikasi 5% untuk Dk = 47 maka nilai dari ttabel = 1,67793 dan nilai thitung = 3,10377 dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel yang berarti Hα diterima dan H0 ditolak. Sehingga “terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Guided Inquiry pada materi Getaran dan Gelombang pada siswa SMP Negeri 3 Bagor Nganjuk tahun pelajaran 2018/2019”. Dengan demikian terlihat dari kriteria tingkat ketuntasan nilai dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) lebih baik dari model pembelajaran Guided Inquiry.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), model pembelajaran Guided Inquiry, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 08:41 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 08:41 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1129 |
Actions (login required)
View Item |