Bragaswangga, Alif (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGETOS TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, STKIP PGRI Nganjuk.
Text (BAB I)
identifier_dsh=S-234350099%3A1686735417507082&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OZXm88kLSCsb50SvUWpwc9MOXzSRpKxt%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1OZXm88kLSCsb50Sv Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
identifier_dsh=S1946963238%3A1686735535479161&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F17Jrk0oKOinhRz3U8ZdG-L0X2-5phfsik%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F17Jrk0oKOinhRz3U8 Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
identifier_dsh=S-1676777284%3A1686735555477037&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IZ2QQSSrJ5T5zYsql_SxDMy2fxfwLP9W%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1IZ2QQSSrJ5T5zYs Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
identifier_dsh=S1393136336%3A1686735609223603&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gkqoIvrKVY55feWLEQw35jiQDDAPIWxO%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1gkqoIvrKVY55feWL Restricted to Repository staff only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
identifier_dsh=S688516142%3A1686735661761521&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DqSfBkSHhoprLw4OralA8UWLqTeE824_%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F1DqSfBkSHhoprLw4Or Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
identifier_dsh=S-1173753186%3A1686735691420358&continue=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F17x2ew3Xxiid86846okhBVuK6Rm7uH9eY%2Fview%3Fusp%3Ddrive_link&ffgf=1&followup=https%3A%2F%2Fdrive.google.com%2Ffile%2Fd%2F17x2ew3Xxiid8684 Download (648kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruktion, Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Model Problem Based Learning, Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan menggunakan model Problem Based Learning dengan yang menggunakan model Direct Instruction terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII mulai kelas VII-A sampai kelas VII-F, sedangkan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sejumlah 32 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol sejumlah 24 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan test. Teknik analisis data dengan t-test. Nilai rata-rata pre-test kelas kontrol memperoleh nilai 37,50 dan nilai rata-rata post-test memperoleh nilai 61,45 dan nilai rata-rata pre-test 47,03 dan post-test 76,56 untuk kelas eksperimen. Perhitungan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0.0 pada uji paired t-test diperoleh hasil yaitu t hitung sebesar -4,638 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran problem based learning dan menggunakan model pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | perpustakaan@stkipnganjuk.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Problem Based learning, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | ILMU KEPENDIDIKAN > S1 PENDIDIKAN IPA |
Depositing User: | K.U.Perpustakaan Workshop |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 09:44 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 09:44 |
URI: | http://repository.stkipnganjuk.ac.id/id/eprint/1133 |
Actions (login required)
View Item |